Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pengetahuan yang sistematis serta berlaku secara universal atau umum yang membahas mengenai sekumpulan data tentang gejala alam yang berasal dari hasil eksperimen, observasi, penyimpulan, serta penyusunan teori. Istilah Ilmu Pengetahuan Alam juga biasa dikenal dengan ilmu sains. Kata sains sendiri berasal dari bahasa latin yakni scientia, yang secara harfiah artinya pengetahuan, tapi dalam perkembangannya menjadi terkhusus Ilmu Pengetahuan Alam atau sains.

Ilmu Pengetahuan Alam tentang bagaimana mencari tahu tentang alam secara sistematis. Jadi IPA bukan hanya ilmu untuk mengumpulkan fakta, prinsip, serta konsep saja, namun juga merupakan sebuah proses penemuan.

Di dalam memilih jurusan SMA banyak yang masih bingung antara memilih IPA atau IPS. Tentu banyak sekali pertimbangan-pertimbangan dibalik pengambilan keputusan tersebut. Berikut beberapa hal yang menjelaskan mengenai keunggulan jurusan IPA dibandingkan yang lain sebagai bahan pertimbangan, yaitu :

  • ¬†Memiliki Kesempatan Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Siswa jurusan IPA memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan bahasa dan IPS [ada SNMPTN. Contohnya di kampus-kampus besar seperti Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung, siswa IPA boleh memilih prodi saintek ataupun soshum pada SNMPTN. Sebaliknya, siswa IPS tidak bisa mengambil prodi saintek sama sekali untuk SNMPTN ITB, sedangkan di UGM hanya bisa mengambil Statistika, Pembangunan Wilayah, serta Kartografi dan Penginderaan Jauh.

  • Kesempatan Masuk Perguruan Tinggi Swasta dan Memiliki Jurusan Beragam

Persyaratan masuk PTS memungkinkan anak jurusan IPA lebih memiliki peluang yang besar dibandingkan jurusan IPS. Secara umum, pelajar dari jurusan IPA dapat memilih semua prodi. Sedangkan pilihan khusus untuk bahasa dan IPS lebih sedikit.

  • Jurusan IPA dapat survive ketika mengambil prodi IPS, bahkan unggul

Saat menjalani perkuliahan, Jurusan IPA cenderung lancar menjalani perkuliahannya. Tidak ada kesulitan yang berarti ketika mempelajari materi sosial humaniora dari awal hingga di bangku kuliah. Anak IPA cenderung mudah menjalaninya karena sudah terbiasa bekerja keras dalam belajar serta mengerjakan tugas IPA.

  • Memiliki Prospek Cerah

Pendidikan di bidang ilmu Sains, Teknologi, Engineering (Teknik Rekayasa), serta Matematika sangat penting untuk perkembangan peradaban serta berbagai inovasi dewasa ini. Sekarang pun, pendidikan dasar sudah mulai menggunakan penggunaan STEM. Memasuki dunia kerja, para pekerja diharapkan mempunyai pengetahuan serta skill STEM. Sementara itu lulusan kuliah di bidang Sistem Informasi, Statistika, Teknik Mesin, dan keilmuan STEM lainnya lebih banyak dicari oleh perusahaan dibandingkan dengan jurusan non STEM. Gaji yang didapatkan pun relatif besar apabila dibandingkan dengan jurusan lain.

Les Privat Untuk Jurusan IPA

Jika sudah mengambil keputusan, alangkah baiknya untuk belajar sungguh-sungguh agar pilihan yang sudah diambil tidak sia-sia. Apalagi bagi yang tidak memiliki background yang baik di SMP, namun tetap ingin memilih IPA sebagai jurusannya di SMA, maka tidak cukup belajar di kelas saja. Perlu adanya kelas tambahan agar ilmu yang didapatkan bisa lebih maksimal. Les Privat atau bimbingan belajar khusus adalah alternatif atau solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi ini. Keberadaan jam tambahan belajar untuk anak dapat semakin membuatnya semakin mengerti dan memahami materi yang digunakan. Belum lagi ketika masa-masa ujian seperti Ujian Akhir Semester, Ujian Tengah Semester, maupun Try Out Ujian Nasional. Bimbingan Belajar tentu dapat sangat membantu anak agar semakin baik nilainya di sekolah.