Setiap orangtua tentu mendambakan memiliki anak yang normal dan seperti anak-anak lain baik dalam kemampuan akademik, kognitif, maupun aspek-aspek lainnya. Namun keinginan saja tidak dapat melawan kehendak Tuhan, ada kondisi-kondisi yang mengharuskan para orangtua memberikan perhatian yang berbeda kepada anak-anaknya.

Mempunyai anak berkebutuhan khusus tidak mudah bagi orang tua manapun. Bimbingan yang tepat penting dilakukan bagi tumbuh kembang anak-anak berkebutuhan khusus, sehingga mereka dapat selalu percaya diri di dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurut pengertian, Anak berkebutuhan khusus (ABK) ialah anak yang memiliki karakteristik berbeda dengan anak-anak pada umumnya ditandai dengan ketidakmampuan mental, fisik, maupun emosi. Contoh dari anak yang tergolong ABK yaitu tunarungu, tunadaksa, kesulitan belajar, tunanetra, gangguan perilaku, anak dengan gangguan kesehatan, dan anak berbakat. Anak berkebutuhan khusus juga disebut dengan anak cacat dan anak luar biasa.

Adanya hambatan serta karakteristik yang dimiliki, ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan serta potensi mereka, misalnya untuk tunanetra membutuhkan teks bacaan menjadi tulisan Braille (tulisan tumbul), serta anak-anak tunarungu yang berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh atau bahasa isyarat.

Cara Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus

Meskipun anak berkebutuhan khusus terlihat berbeda apabila dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya, namun mereka mempunyai hak yang sama dengan anak-anak lain, yaitu hak untuk mengembangkan potensi serta bakat yang dimiliki. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus yaitu :

  • Memberikan motivasi. Tidak bisa dihindari bahwa anak berkebutuhan khusus terkadang merasa stres atau sedih karena mereka berbeda dengan anak-anak yang lain. Oleh sebab itu tugas orang tua adalah menjadi pendamping yang selalu memotivasi serta membantu anak berkebutuhan khusus agar mencari potensinya.
  • Mengajarkan keterampilan hidup. Apabila anak berkebutuhan khusus mendapatkan pembelajaran yang tepat denan tujuan peningkatan keterampilan sesuai minat serta potensinya, maka anak tersebut akan dapat hidup mandiri. Sebaliknya, apabila ditangani secara tidak tepat maka akan mengalami hambatan untuk perkembangannya.

Dua cara diatas dapat diatasi dengan mencarikan pendamping les privat untuk anak berkebutuhan khusus. Keberadaan pendamping yang sabar serta memahami anak berkebutuhan khusus tentunya dapat memberikan dukungan yang dapat meningkatkan tumbuh kembang mereka. Apalagi jika orang tua memiliki kesibukan tersendiri sehingga tidak sempat memperhatikan anak-anaknya. Padahal anak berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian serta pendampingan yang lebih agar dapat termaksimalkan bakat serta potensinya.

Keuntungan Les Privat bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Anak yang berkebutuhan khusus menjadikan mereka susah untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berada di kelasnya. Oleh karena itu karena efisiensi belajar maka siswa yang mempunyai gangguan itu harus dipisahkan dari teman-temannya.

Les privat untuk anak berkebutuhan khusus sangat dibutuhkan agar membantu mengatasi kendala yang dihadapi oleh anak. Karena tidak dapat dilakukan di sekolah maka les privat dapat menjadi alternatif agar dapat memaksimalkan potensi mereka. Bimbingan bagi siswa ABK memang tidak dapat dilakukan sembarang orang dan harus secara khusus diarahkan serta didampingi.